ApkHP

Cara Agar Layar Tidak Mati Saat Telepon WhatsApp

Cara Agar Layar Tidak Mati Saat Telepon WhatsApp – Untuk melakukan komunikasi instan, ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. WhatsApp sendiri termasuk aplikasi komunikasi instan yang memang terkenal di dunia.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut anda bisa dengan mudah melakukan komunikasi dengan siapapun dan kapanpun. Kabar baiknya lagi, berkomunikasi menggunakan aplikasi WhatsApp bisa anda lakukan secara gratis.

Sayangnya, ketika melakukan panggilan di aplikasi WhatsApp biasanya akan membuat layar mati secara tiba-tiba. Pasalnya kondisi ini akan sangat mengganggu terlebih lagi Jika anda ingin mengakses beberapa fitur.

Salah satu penyebab kenapa layar mati ketika telepon diaplikasi WhatsApp adalah proximity yang aktif. Lantas Bagaimana cara agar layar tidak mati saat telepon WhatsApp? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Fungsi Sensor Proximity

Sebelum kita membahas seputar beberapa cara agar layar tidak mati saat telepon WhatsApp, kita bakalan bahas dulu tentang fungsi sensor proximity. Adapun maksud dari sensor proximity ini merupakan fitur yang akan mendeteksi keberadaan sebuah objek yang ada di dekat layar ponsel.

Baik itu tangan ataupun telinga. Nah ketika ponsel mendeteksi adanya benda di sekitaran layar, ini akan membuat layar menjadi mati. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya sentuhan-sentuhan tidak sengaja terhadap layar.

Selain itu, ini juga bermanfaat untuk menghemat daya. Karena ketika layar terus-menerus aktif akan membuat baterai lebih cepat habis. Itulah kenapa ada layanan untuk proximity aktif secara otomatis supaya layar anda bisa mati secara otomatis pula dan membuat daya lebih hemat.

Nah ternyata ada beberapa alasan nih Kenapa layar bisa mati secara terus-menerus, termasuk ketika tidak ada objek di sekitarnya. Adapun Salah satu alasan yang cukup sering terjadi adalah karena adanya debu ataupun kotoran yang menutupi bagian sensor.

Selain itu hal ini juga bisa terjadi karena adanya pengaturan perangkat yang tidak sesuai, yang akhirnya membuat layar mati ketika melakukan telepon.

Cara Agar Layar Tidak Mati Saat Telepon WhatsApp

Untuk cara agar layar tidak mati saat telepon di WhatsApp Ini juga beragam ya. Sehingga Anda bisa melakukan beberapa cara yang akan kami bahas berikut ini untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Membersihkan Area Sensor

Cara yang paling pertama adalah dengan membersihkan area sensor. Karena memang penyebab layar mati ketika melakukan panggilan di aplikasi WhatsApp adalah karena sensor proximity perangkat yang kotor.

Hal ini karena kotoran atau pun debu yang menutupi sensor akan membuat ponsel mendeteksi adanya objek di sekitarnya. Oleh karena itu Anda bisa membersihkan area sensornya dengan menggunakan kain microfiber ataupun kain yang mempunyai permukaan lembut.

Dalam hal ini anda harus menghindari penggunaan cairan, dan juga alat-alat yang bisa merusak sensor ya. Bersihkan secara perlahan. Apabila sudah selesai membersihkannya, Anda dapat melakukan uji coba dengan melakukan panggilan telepon WhatsApp.

Apabila memang penyebab layarnya mati adalah adanya kotoran di bagian sensornya, maka layar tersebut sudah tidak akan mati lagi karena sudah anda bersihkan.

Nonaktifkan Sensor Proximity

Cara berikutnya adalah dengan menonaktifkan sensor proximity. Dengan mengaktifkan sensor proximity ini tentu akan membuat perangkat tidak terlalu mudah untuk mati, Terutama ketika anda sedang melakukan panggilan di aplikasi WhatsApp.

Hanya saja,  tidak semua perangkat sudah dibekali dengan pengaturan penonaktifan proximity ini ya. Namun jika memang perangkat anda sudah ada pengaturannya Anda bisa melakukan pengaturan dengan melakukan beberapa tahapan berikut.

Pergi ke menu pengaturan ataupun setting pada perangkat, kemudian lanjutkan dengan mencari opsi telepon ataupun panggilan. Untuk opsinya sendiri tergantung pada merek perangkat ya. Jika sudah maka anda bisa mencari bagian sensor proximity.

Apabila memang tersedia fitur tersebut Anda bisa langsung menonaktifkan fitur sensor proximity-nya. Sebagai catatan,  memang nggak semua perangkat menghadirkan fitur tersebut. Dan ketika anda menonaktifkannya tentu ada beberapa Resiko yang penting anda pelajari.

Aktifkan Fitur ‘Jaga Layar Tetap Hidup’ di Beberapa Ponsel

Sebagaimana harga cara yang sebelumnya, cara yang satu ini juga ternyata tidak tersedia di semua perangkat. Oleh karena itu Anda bisa cek dulu di perangkat anda apakah memang sudah tersedia pengaturannya atau belum.

Dalam hal ini di beberapa perangkat ada fitur untuk menjaga layar supaya tetap hidup ketika digunakan, termasuk ketika anda gunakan untuk melakukan panggilan di aplikasi WhatsApp. Ketika menggunakan fitur tersebut maka layar akan tetap hidup Ketika anda sedang teleponan di aplikasi.

Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan atau setting kemudian cari yang tulisan display atau tampilan. Langkah berikutnya adalah dengan mengaktifkan opsi keep screen on ataupun tetap aktif. 

Ketika sudah mengaktifkan fitur tersebut maka layar bakalan tetap hidup selama anda melakukan panggilan, termasuk ketika melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp ataupun aplikasi-aplikasi media sosial yang lainnya.

Aplikasi Pihak Ketiga

Cara agar layar tidak mati saat telepon WhatsApp yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Menggunakan aplikasi pihak ketiga ini bisa menjadi alternatif yang cukup baik juga Ketika anda tidak bisa mengakses kedua fitur yang sebelumnya.

Apalagi saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi yang notabenenya memang dikhususkan untuk mengaktifkan layar Ketika anda mengakses aplikasi-aplikasi termasuk WhatsApp.

Anda bisa langsung saja cari aplikasinya di Google Play Store ataupun App Store. Kemudian download aplikasi tersebut dan buka aplikasinya. Ketika sudah membuka aplikasi Anda dapat melakukan pengaturan, supaya layar tetap aktif Ketika anda sedang teleponan.

Atur Waktu Tidur Layar (Screen Timeout)

Setiap perangkat biasanya mempunyai pengaturan screen time atau aturan waktu tidur layar. Sesuai dengan namanya fitur satu ini merupakan fitur yang ditujukan untuk mengatur Seberapa lama perangkat akan tertidur setelah aktif.

Dan para produser menawarkan beberapa opsi. Ada yang paling lama dan ada pula yang paling singkat. Ketika anda menggunakan pengaturan yang paling singkat maka tidak heran jika layar akan mati otomatis Ketika anda sedang telponan di aplikasi wa.

Maka solusi yang bisa Anda coba adalah dengan mengatur waktu tidur layar atau screen time out. Caranya adalah dengan pergi ke menu pengaturan kemudian pilih yang opsi display. Langkah berikutnya adalah dengan mencari dan memilih yang menu waktu tidur layar.

Sekarang Anda bisa memilih sendiri waktu tidur layar, Anda bisa memilih 5 menit atau lebih. Dengan Mengatur waktu tidur layar maka perangkat anda akan aktif lebih lama. Dan ini yang akan membuat layar tidak mati Ketika anda sedang teleponan.

Demikian ulasan kali ini seputar beberapa fungsi sensor proximity serta Bagaimana cara agar layar tidak mati saat telepon WhatsApp yang harus anda ketahui. Anda bisa cobain semua cara di atas sampai selesai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker