ApkHP

Cara Mengirim File Besar lewat WhatsApp

Cara Mengirim File Besar lewat WhatsApp – Mengirimkan file yang ukurannya besar bisa anda lakukan dengan cukup mudah. Hal ini karena banyak sekali layanan-layanan yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan file ukuran besar dengan beberapa tahap saja.

Adapun salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah aplikasi WhatsApp. Sayangnya banyak nih yang belum tahu bagaimana sebenarnya cara mengirim file besar lewat WhatsApp. Oleh karena itu kan ini kami akan bahas tutorial lengkap yang bisa anda ikuti satu persatu.

Pengertian WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan instan yang memungkinkan para penggunanya untuk saling terhubung dengan internet. Dalam hal ini para pengguna bisa saling berkirim pesan teks kemudian gambar video ataupun file.

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Pasalnya penggunaannya yang memang sangat mudah dan banyak sekali fitur-fitur menarik di dalamnya.

Sehingga sangat cocok untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan penggunaan pribadi sampai dengan kepentingan orang banyak. Apalagi via Whatsapp terus melakukan pengembangan dan penambahan fitur.

Batas Ukuran File di WhatsApp

Ketika akan melakukan pengiriman file maka anda harus mengetahui berapa sebenarnya batasan ukuran file yang bisa Anda kirimkan lewat aplikasi WhatsApp. 

Kalau kita perhatikan, batasan ukuran maksimal file yang bisa Anda kirimkan lewat aplikasi tersebut hanya 100 mb. Yang mana ukuran tersebut berlaku untuk semua file yang bakalan ada kirimkan lewat Whatsapp ya.

Mulai dari ketika akan mengirimkan foto kemudian video atau bahkan dokumen-dokumen. Itu artinya Ketika anda akan mengirimkan file yang ukurannya lebih dari 100 mb, ada beberapa alternatif yang mesti Anda coba.

Dan alternatif alternatif ini yang nantinya akan tetap membantu anda ketika ingin mengirimkan file ukuran besar lewat WhatsApp.

Mengapa Mengirim File Besar Lewat WhatsApp?

Mungkin beberapa diantara Anda penasaran Kenapa sih harus mengirimkan file besar lewat WhatsApp? Padahal jelas bahwa di dalam aplikasi tersebut hanya bisa mengirimkan file yang ukurannya maksimal 100 mb.

Emang bener bawa aplikasi hanya memungkinkan anda untuk mengirimkan file yang ukurannya 100 mb maksimal. Tapi jangan lupa bawa aplikasi ini punya banyak sekali fitur-fitur yang menarik.

Fitur-fitur inilah yang membuat banyak orang lebih ingin mengirimkan file besar lewat aplikasi WhatsApp daripada lewat aplikasi yang lain. Dan tentunya akan sangat membantu anda ketika ingin berbagi dokumen ataupun file.

Baik itu untuk kepentingan pribadi kemudian kepentingan pekerjaan atau kepentingan pendidikan. Bahkan aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam kemudahan untuk pengiriman file.

Cara Mengirim File di WhatsApp dengan Batas 100 MB

Apabila anda mempunyai file yang berukuran besar, dalam artian hanya 100 mb atau tidak sampai 100 mb, maka anda bisa langsung mengirimkan file tersebut dengan menggunakan fitur yang tersedia.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp kemudian pergi ke ruangan chat tempat di mana anda akan mengirimkan file. Langkah berikutnya adalah dengan mengklik ikon lampiran yang terdapat di bagian bawah layar.

Setelah itu akan muncul beberapa opsi jenis file yang bakalan Anda kirim. Mulai dari dokumen kemudian galeri ataupun yang lainnya. Tinggal pilih saja jenis file yang bakalan Anda kirim, kemudian pilih filenya lalu klik menu kirim.

Dengan demikian maka file tersebut akan secara otomatis Terkirim ke dalam pesan si penerima.

Cara Mengirim File Besar lewat WhatsApp 

Lantas Bagaimana caranya mengirimkan file yang ukurannya lebih dari 100 mb? Sebagaimana yang sudah kami sebutkan bahwa anda butuh Alternatif saat akan mengirimkan file yang ukurannya di atas 100 mb.

Untuk alternatif yang paling menarik dan paling sering digunakan oleh para pengguna Whatsapp adalah dengan menggunakan layanan Google Drive. Yang mana anda akan membagikan file tersebut lewat aplikasi WhatsApp tapi dalam bentuk Link.

Caranya adalah dengan mengunggah dulu file yang akan Anda kirimkan ke layanan Google Drive. Tinggal buka aplikasi Google drive-nya kemudian klik icon plus yang terletak di bagian bawah. 

Selanjutnya klik menu upload dan pilih file besar yang pengen Anda kirimkan lewat aplikasi WhatsApp. Ketika file yang sudah terunggal maka anda bisa mengklik pada file yang bersangkutan dan pilih menu bagikan atau get Link.

Sekarang Atur saja izin aksesnya dan pastikan bahwa anda sudah memilih opsi anyone with the Link. Tujuannya adalah supaya siapapun penerima link tersebut bisa mengakses tanpa harus mengintai izin terlebih dahulu.

Ketika sudah mendapatkan link kalau yang bersangkutan, cara mengirim file besar lewat WhatsApp berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp.

Kemudian lanjutkan dengan mencari kontak yang akan Anda kirimkan file tersebut,  masuk ke dalam ruangan chat kalian. Langkah berikutnya tinggal tempelkan saja link tersebut dan kirimkan.

Nanti ngasih penerima bisa mengakses file tersebut dengan cara mengklik Link yang anda bagikan. Dengan demikian orang yang bersangkutan tetap bisa mengakses filenya dan mendownload file tersebut lewat Google Drive.

Mengirim File Besar Menggunakan WeTransfer

Selain bisa menggunakan cara di atas Anda juga bisa membagikan file dengan ukuran besar lewat aplikasi. Salah satu aplikasi yang recommended buat Anda coba adalah aplikasi we transfer.

We Transfer sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi file secara gratis. Bahkan anda bisa mengirimkan file yang ukurannya sampai 2 GB.

Caranya adalah dengan pergi ke dalam situsnya mereka lewat Browser. Kemudian klik menu add your file. Pilih file besar yang pengen anda Kirimkan kepada orang lain lalu masukkan alamat email si penerima.

Atau bisa juga dengan mengirimkan link ke diri sendiri kalau misalnya Anda pengen membagikannya lewat aplikasi WhatsApp. Ketika sudah selesai mengunggah file maka pihak situs akan memberikan Anda link supaya bisa mengunggah file.

Tinggal Salin saja link tersebut dan kirimkan lewat aplikasi WhatsApp kepada siapapun yang pengen anda berikan.

Jadi dari dua cara di atas, Bisa kita simpulkan bahwasanya ketika akan mengirimkan file yang ukurannya besar di aplikasi WhatsApp anda perlu melakukan beberapa alternatif.

Hal ini karena ketika menggunakan aplikasi WhatsAppnya langsung maka anda hanya bisa mengirimkan file yang ukurannya paling besar 100 mb. Dan nggak perlu khawatir karena kedua cara mengirim file besar lewat WhatsApp di atas tergolong sangat aman.

Selain itu Anda juga bisa melakukan tahapan-tahapannya dengan sangat mudah plus simple. Cara di atas bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Anda juga bisa melakukan tahapan-tahapan di atas secara gratis alias cuma-cuma. Oke itulah ulasan kali ini seputar Bagaimana cara mengirim file ukuran besar di aplikasi WhatsApp yang harus banget Anda coba.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker