Tips dan Trik

Cara Buat Status WA Durasi 5 Menit

Cara Buat Status WA Durasi 5 Menit – Membuat story di aplikasi WhatsApp termasuk salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Termasuk untuk Anda yang  notabenenya adalah pebisnis. Karena dengan aplikasi ini anda bisa dengan sangat mudah mempromosikan dagangan.

Pembuatan story di aplikasi WhatsApp ini harus mengikuti pengaturan yang sudah ada. Salah satunya adalah pengaturan seputar durasi. Ya walaupun sebenarnya di aplikasi WhatsApp tidak bisa membuat Story yang durasinya 5 menit sekaligus, tapi ada kok beberapa cara yang bisa Anda coba.

Pengertian Status WhatsApp

Status di aplikasi WhatsApp Sama aja seperti status-status di aplikasi yang lain. Itu artinya status WhatsApp merupakan sebuah fitur yang akan memungkinkan anda untuk berbagi berbagai macam momen-momen.

Dan di dalamnya Anda bisa membagikan momen dalam bentuk teks kemudian video dan juga foto. Fitur story di aplikasi WhatsApp sendiri mulai diperkenalkan oleh pihak WhatsApp dari tahun 2017. Dan ini termasuk salah satu peningkatan yang cukup menarik.

Bahkan untuk saat ini masih banyak sekali para pengguna Whatsapp yang memaksimalkan penggunaan fitur tersebut. Nah karena sama seperti layanan Story yang lain, maka story di aplikasi Whatsapp juga akan hilang secara otomatis setelah anda unggah 24 jam.

Sebagai pengguna yang bijak Anda bisa melakukan pengaturan terhadap Siapa saja yang bisa melihat Story tersebut dan siapa yang tidak bisa melihatnya.

Durasi Status WA

Pihak aplikasi WhatsApp menawarkan pembuatan status yang durasinya  1 detik sampai dengan 60 detik. Itu artinya anda perlu mempersiapkan konten-konten yang durasinya sesuai dengan ketentuan tersebut.

Sementara jika konten yang akan anda unggah lebih dari durasi tersebut, anda perlu melakukan beberapa teknik. Agar tetap bisa mengunggahnya.

Cara Membuat Status WA Durasi 5 Menit

Pada dasarnya terdapat dua cara membuat status WA durasi 5 menit yang bisa Anda coba. Berikut ini merupakan beberapa diantaranya:

  • Memakai aplikasi pihak ketiga

Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang bermunculan di internet. Yang mana dengan menggunakan aplikasi ketiga memang ada banyak fitur-fitur menarik yang akan anda nikmati. 

Kalau untuk di aplikasi WhatsApp sendiri Anda bisa menikmati fitur-fitur yang sangat banyak jumlahnya. Seperti memungkinkan anda untuk mengirimkan foto dalam jumlah banyak sekaligus. 

Kemudian dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang ketiga ini juga membantu anda untuk mendownload Story orang lain di aplikasi WhatsApp. Dan tentunya Anda juga bisa mengunggah story di WhatsApp dengan durasi yang panjang.

Karena memang aplikasi pihak ketiga ini mempunyai kelebihan dari segi fitur-fitur yang beragam. Dan pihak developnya berupaya untuk mengembangkan kekurangan-kekurangan di aplikasi WhatsApp menjadi hal yang lebih diaplikasi mereka.

Ya Meskipun demikian kami sangat tidak menyarankan anda untuk memakai aplikasi-aplikasi WhatsApp yang ketiga ataupun aplikasi pihak ketiga yang lain.

  • Memotong video secara manual

Cara membuat status WA durasi 5 menit berikutnya adalah dengan memotong video secara manual. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi aplikasi editing. Dalam hal ini anda bisa memotong video-video tersebut.

Setelah menjadi beberapa video Anda bisa langsung mengunggahnya ke aplikasi WhatsApp sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan kedua cara di atas anda bisa membuat Story yang durasinya 5 menit sesuai dengan keinginan.

Kelebihan Membuat Status WA dengan Durasi Panjang

Membuat status WhatsApp dengan durasi yang panjang mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan yang pertama adalah untuk membantu Anda membagikan momen-momen yang penting ataupun spesial dalam hidup.

Seperti membuat Story liburan kemudian acara keluarga ataupun yang lainnya. Adapun kelebihan yang lainnya adalah untuk promosi bisnis. Bagi pelaku bisnis kecil ataupun UMKM WhatsApp adalah salah satu platform yang memang efektif untuk mempromosikan produk ataupun jasa.

Maka anda bisa membuat Story dalam bentuk video yang durasinya cukup panjang untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan demikian maka anda bisa melakukan promosi tanpa membayar sama sekali.

Kekurangan Status WA dengan Durasi Panjang

Terdapat beberapa kekurangan pembuatan status WhatsApp yang durasinya panjang. Kekurangan yang pertama adalah karena perlu waktu dan juga upaya yang ekstra. Karena mengharuskan anda untuk melakukan editing terlebih dahulu.

Yaitu dengan memotong-motong video tersebut sesuai dengan durasi yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Apalagi kalau misalnya akan mengunggah Story yang durasinya sampai 5 menit. Untuk kekurangan yang berikutnya adalah mempunyai potensi untuk mengganggu kontrakan.

Karena memang durasi Mengunggah video di aplikasi WhatsApp yang singkat, tentu ketika akan mengunggah  yang durasinya 5 menit mengharuskan anda untuk mengunggahnya berkali-kali kan? Ini yang nantinya bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Anda bisa mempertimbangkan kekurangan yang satu ini sebelum mengunggah status video yang durasinya 5 menit ke atas ya. Namun kalau misalnya Anda adalah tipikal orang yang cuek dan tidak terlalu peduli dengan orang lain, mungkin ini bakalan sangat cocok untuk Anda coba.

Alternatif Lain: Menggunakan Aplikasi Lain

Kalau misalnya anda merasa bahwa pembuatan status yang durasinya panjang di aplikasi WhatsApp kurang pas, maka ada beberapa alternatif aplikasi lain yang bisa Anda coba. Yaitu aplikasi-aplikasi Instagram ataupun Facebook.

Kedua aplikasi tersebut menawarkan fitur pembuatan Story. Dengan menggunakan fitur tersebut Anda bisa mengunggah konten-konten yang durasinya ternyata lebih panjang. Sehingga nggak perlu repot-repot untuk memotongnya, apalagi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang notabenenya tidak aman.

Apabila merasa bosan menggunakan kedua aplikasi tersebut maka alternatif lain yang juga bisa Anda coba adalah aplikasi telegram. Untuk saat ini di aplikasi telegram sudah tersedia fitur untuk mengunggah Story video yang durasinya cukup panjang.

Nggak heran dong kalau misalnya banyak orang yang tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kalau kita perhatikan aplikasi telegram ini jauh lebih mirip dengan aplikasi WhatsApp daripada kedua aplikasi yang lainnya.

Sehingga kontak-kontak di aplikasi Instagram dan WhatsApp Anda kemungkinannya sama kan? Maka anda bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai alternatif terbaik ketika akan mengunggah Story yang durasinya panjang.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwasanya pihak aplikasi WhatsApp memberikan batasan terhadap durasi video yang akan anda unggah dalam sekali unggah. Dalam hal ini mereka memberikan batasan yaitu durasi 30 detik sampai dengan  60 detik atau 1 menit.

Sehingga ketika akan membuat video atau status video yang durasinya lebih dari durasi tersebut Anda bisa melakukan beberapa alternatif atau trik. Seperti dengan memotong video tersebut secara manual atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun kami tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga karena cukup beresiko. Selain itu ketika akan membuat konten yang durasinya panjang, Jangan lupa untuk memperhatikan juga kenyamanan dari para pengguna.

Karena ketika terlalu banyak mengunggah Story tentu akan mengganggu kenyamanan mereka. Kalau kita perhatikan status WhatsApp ini memang sangat cocok untuk membagikan berbagai macam momen-momen yang penting.

Selain itu cocok juga Ketika anda akan membagikan konten-konten yang berisi promosi ataupun konten jualan. Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker