Tips dan Trik

Cara Pasang Sound of Text Google di WA

Cara Pasang Sound of Text Google di WA – Menggunakan sound of text Google termasuk hal yang cukup menarik, loh. Terutama untuk kamu yang lagi bosan menggunakan nada dering WhatsApp itu-itu aja. Kabar baiknya lagi, cara menggunakan sound of text Google di WhatsApp tergolong gampang nih.

Karena kamu cuma perlu melakukan beberapa tahap aja. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

Pengertian Sound of Text Google

Sound of text merupakan sebuah alat ataupun teknologi yang berfungsi untuk mengubah teks menjadi suara atau audio. Dan ini termasuk salah satu teknologi yang cukup canggih dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat dunia sejak beberapa tahun belakangan.

Bahkan mungkin banyak diantara kamu yang sudah sering melihat konten-konten yang menggunakan sound of text, baik itu konten-konten yang ada di YouTube ataupun di tik tok dan yang lainnya.

Karena memang konten yang menggunakan sound of text ini terkesan berbeda dengan konten-konten biasanya, yaitu konten yang menggunakan voice over manusia pada umumnya.

Adapun yang dimaksud dengan Sound of text Google sendiri adalah teks yang diubah menjadi audio dalam bentuk suara Google. Karena nggak bisa kita pungkiri bahwasanya banyak sekali sound of text yang menyediakan suara-suara menarik.

Bukan hanya suara Google saja, tapi juga ada yang menyediakan suara Pramugari kemudian suara anak-anak ataupun yang lainnya. Namun tampaknya suara Google termasuk salah satu suara yang digemari oleh banyak orang.

Platform untuk Membuat Sound of Text

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak sekali platform untuk membuat  sound of text. Masing-masing platform tersebut punya tampilan yang berbeda. Namun kalau untuk metode konversinya hampir sama saja.

Berikut ini kami bakalan Berikan beberapa rekomendasi platform sound of text yang bisa kamu coba.

Suara Google

Yang pertama adalah suara Google. Suara Google sendiri merupakan sound of text yang menarik dan dimiliki oleh  oleh orang Indonesia. Dan kita harus mendukung produk-produk keluaran dari anak bangsa.

Dan layanan ini juga punya berbagai macam kelebihan. Sehingga nggak kalah dengan layanan-layanan dari luar negeri. Dengan menggunakan platform suara Google kamu bisa mengubah teks menjadi suara dengan mudah dan cepat.

Untuk tampilannya juga sangat user friendly. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencoba platform satu ini ya.

Voice of Text

Rekomendasi yang berikutnya adalah platform Voice of text yang  notabene juga termasuk salah satu platform yang terkenal. Sebagaimana halnya penggunaan suara Google ataupun platform lain, Kamu juga bisa mengubah teks menjadi suara dengan mudah dan cepat.

Dan mereka juga menyediakan banyak sekali opsi suara ataupun bahasa. Sebelum mendownload hasilnya kamu bisa menggunakan fitur play atau previewnya.

Sound of Text

Sementara rekomendasi yang lainnya adalah sebuah platform yang bernama sound of text. Ini juga menjadi salah satu platform yang harus jadi andalan kamu ketika ingin mengubah teks menjadi suara.

Karena memang super lengkap dan gampang digunakan. Proses konversinya juga berlangsung cuma dalam waktu beberapa detik.

Cara Pasang Sound of Text Google di WA

Kalau kamu tertarik untuk memasang sound of text Google di WA bisa langsung coba tutorial berikut.

Siapin Nada Dering Sound of Text

Cara yang paling pertama adalah dengan mempersiapkan nada dering sound of text yang bakalan digunakan. Untuk nada deringnya bisa kita buat sendiri dengan menggunakan beberapa platform di atas.

  • Caranya adalah dengan mengunjungi situs tersebut. Dalam hal ini kamu bisa pilih salah satu. Kunjungi wisata tersebut lewat Browser
  • Ketika sudah berada di dalam situsnya maka kamu bisa cari kotak teks yang bisa diisi. Klik pada kotak teks tersebut
  • Lanjutkan dengan mengetik kata ataupun kalimat yang nantinya bakalan kita jadikan sebagai audio atau nada dering
  • Selanjutnya kamu bisa memilih bahasa. Pilih saja bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris dan yang lainnya
  • Terakhir kamu bisa klik menu convert
  • Tunggu saja hasilnya sampai muncul
  • Lalu kamu bisa lihat previewnya atau bisa langsung mendownload

Aplikasikan ke WA

Setelah mempunyai nada deringnya Sekarang kita akan aplikasikan nada dering tersebut ke aplikasi WhatsApp. Dan cara mengaplikasikan nada dering tersebut juga gampang.

  • Tahapan pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu
  • Pemberian kamu perlu mengakses menu pengaturan ataupun setelan
  • Lalu pilih yang menu notifikasi
  • Di dalamnya akan banyak sekali drop down dan kamu perlu memilih yang nada notifikasi pesan
  • Dengan demikian maka akan banyak sekali pilihan nada dering yang bisa kamu pakai. Berhubung kali ini kita akan menggunakan nada dering yang sudah kita siapkan sendiri, maka kamu perlu memilih menu di perangkat ini
  • Selanjutnya tinggal cari saja nada dering yang tadi sudah kamu persiapkan dan pilih nada dering tersebut
  • Selesai deh
  • Kamu juga bisa menggunakan nada dering tersebut sebagai nada dering panggilan.

Nah gimana-gimana gampang kan? Selain bisa menggantinya lewat aplikasi WhatsApp langsung kamu juga bisa banget kok mengganti nada dering WhatsApp menggunakan menu pengaturan atau setting.

Kelebihan dan Kekurangan Sound of Text

Pada dasarnya layanan ataupun teknologi sound of text ini punya beberapa kelebihan serta kekurangan. Berikut ini kita bakalan bahas beberapa diantaranya ya:

Kelebihan

Kalau kita lakukan perbandingan, kelebihan layanan atau teknologi sound of text ini memang lebih banyak daripada kekurangannya. Supaya bisa memahaminya lebih mudah, bisa coba simak poin-poin berikut.

  • Ada banyak sekali pilihan platform yang bisa kamu gunakan
  • Hampir semua platform atau teknologi sound of text bisa kamu akses secara gratis
  • Cara menggunakannya yang sangat  mudah
  • Proses download yang gampang dan cepat
  • Tersedia menu preview
  • Tampilan dari masing-masing platform cukup menarik

Kekurangan 

Adapun kekurangan dari layanan seperti ini adalah karena layanan tersebut berbasis online. Itu artinya setiap pengguna wajib menghubungkan perangkat ke jaringan internet supaya dapat menggunakan layanan tersebut.

Selain itu, kekurangan yang lainnya adalah karena memang adanya batasan jumlah karakter dalam sekali konversi. Mayoritas layanan akan menawarkan maksimal 200 karakter saja untuk sekali konversi.

Dan nggak bisa kita pungkiri bahwasanya 200 karakter tergolong sangat-sangat sedikit. Hal ini yang membuat para pengguna harus bolak-balik melakukan konversi, terutama kalau ingin melakukan sound of text yang cukup panjang.

Sementara untuk kekurangan yang lainnya adalah karena keterbatasan versi yang gratisannya. Ketika Kamu  teks yang ingin kamu Ubah menjadi suara mempunyai jumlah karakter yang sangat banyak, maka kemungkinan besar jumlah limit gratisan kamu akan habis.

Dengan demikian maka kamu harus menggunakan versi yang berbayarnya. Tapi tampaknya masih banyak juga kok layanan yang tidak memberikan limit sama sekali.

Jadi itulah ulasan lengkap kali ini seputar Bagaimana cara pasang sound of text Google di WA yang bisa banget Kamu cobain. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker