ApkHP

Cara Hapus Data Sementara di Android

Cara Hapus Data Sementara di Android – Cache atau Data sementara pada berangkat merupakan salah satu bagian yang cukup penting. Sayangnya, ketika data-data tersebut menumpuk akan sangat berpengaruh terhadap performa perangkat.

Sehingga Anda perlu menghapusnya secara berkala. Berikut ini merupakan ulasan lengkap seputar Bagaimana cara hapus data sementara di Android yang bisa Anda coba.

Apa Itu Cache?

Cache  sendiri merupakan jenis Data sementara yang akan disimpan oleh pihak Android atau aplikasi buat mempercepat kinerja. Sebagai contoh, aplikasi-aplikasi media sosial akan menyimpan video dan juga gambar yang sudah pernah Anda lihat.

Tujuannya adalah supaya tidak perlu mendownload ulang Ketika anda ingin mengaksesnya lagi. Jika kita perhatikan keberadaan data-data sementara ini tergolong cukup penting. Hanya saja memang perlu pengelolaan yang bijak supaya memberikan dampak yang positif terhadap perangkat.

Mengapa Menghapus Data Sementara (Cache)?

Secara umum terdapat beberapa alasan kenapa Anda harus menghapus Data sementara yang ada di HP Android. Untuk alasan yang pertama adalah supaya bisa meningkatkan kinerja perangkat. Sebagaimana yang sudah kami Sebutkan sebelumnya, bahwa data-data sementara yang menumpuk akan membuat perangkat terpengaruh.

Yaitu membuat kinerjanya menjadi lambat. Sehingga ketika anda membersihkan  data-data sementara tersebut akan membuat perangkat menjadi lebih optimal. Alasan yang berikutnya adalah untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Ternyata beberapa aplikasi menyimpan data-data sementara dengan ukuran yang cukup besar. Maka ketika anda menghapusnya tentu akan membebaskan ruang penyimpanan dan anda bisa mendownload file yang lain.

Adapun alasan yang lainnya adalah untuk mengatasi error ataupun permasalahan yang terjadi. Ketika aplikasi-aplikasi pada perangkat tidak bisa dimuat maka anda bisa menghapus data-data sementara untuk mengatasinya.

Cara Hapus Data Sementara di Android

Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat terkenal di dunia. Bahkan tampaknya hampir semua masyarakat kita pernah menjadi user Android. Untuk menghapus data-data sementara di Android ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Berikut ini kita akan bahas beberapa cara yang mungkin efektif untuk Anda coba sendiri nantinya. Yuk langsung simak ulasannya berikut

Menghapus Manual

Cara pertama yang bakalan kita bahas adalah menghapusnya secara manual. Cara yang perlu Anda lakukan ialah dengan pergi ke menu pengaturan atau setting pada perangkat. Kemudian Scroll ke bawah lalu pilih yang menu aplikasi ataupun manajemen aplikasi.

Menunya bisa disesuaikan dengan menu yang ada di perangkat masing-masing. Langkah berikutnya adalah dengan pilih aplikasi yang pengen Anda bersihkan data-data sementaranya. Dengan demikian maka aplikasi bakalan terbuka dan anda pilih yang menu penyimpanan atau storage.

Langkah terakhir adalah dengan mengklik menu hapus cache atau clear cache. Tunggu prosesnya sampai selesai, maka pihak aplikasi akan membersihkan semua data-data sementara tersebut.

Menghapus Cache Semua Aplikasi Secara Sekaligus

Menariknya lagi,  ada cara menghapus data-data sementara sekaligus. Apabila anda tidak ingin melakukan yang manual maka bisa coba cara yang satu ini. Caranya adalah dengan pergi ke menu pengaturan kemudian pilih yang bagian penyimpanan atau storage.

Langkah berikutnya adalah dengan pilih menu cache atau data tersimpan, Kemudian Anda akan diberikan opsi berupa menghapus semua Cache aplikasi sekaligus. Terakhir tinggal pilih hapus ataupun oke aja. 

Setelah melakukan tahapan-tahapan di atas maka semua data-data sementara pada perangkat akan terhapus oleh sistem.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Cache

Selain menggunakan aplikasi bawaan dari Android Ternyata anda juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan. Karena saat ini sudah banyak aplikasi  pembersih data-data sementara yang bisa Anda coba.

Adapun aplikasi seperti ini adalah aplikasi Clean Master kemudian ccleaener. Dan masih banyak aplikasi-aplikasi yang lainnya. Anda tinggal download saja aplikasinya lewat Google Play Store kemudian Buka aplikasi tersebut.

Ketika sudah membuka aplikasi Anda bisa pilih yang opsi bersihkan cache, maka aplikasi akan secara otomatis melakukan pembersihan data-data sementara. Cuma dengan sekali klik saja Anda sudah berhasil menghapus data-data sementara pada perangkat.

Ada beberapa kelebihan menggunakan aplikasi pembersih data-data sementara ya. Seperti proses pembersihannya jadi lebih cepat dan lebih praktis kemudian aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk membersihkan file sampah secara optimal.

Sementara kekurangannya ialah ada aplikasi-aplikasi yang memang banyak iklannya, sehingga Anda harus lebih berhati-hati untuk memilih aplikasi.

Cara Menghapus Cache di Browser Android

Selain perlu menghapus data-data sementara di aplikasi, ternyata ada baiknya juga jika anda menghapus data-data sementara di browser. Supaya performa browser tetap optimal dan membuat anda bisa menggunakannya dengan nyaman.

Cara menghapus Data sementara di aplikasi browser ialah dengan membuka aplikasi  chrome-nya dulu. Lanjutkan dengan pergi ke menu history lalu pilih menu clear berarti mendata. Pilih yang menu gambar dan file yang disimpan dalam cache, terakhir tinggal klik clear data.

Perbedaan Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Beberapa diantara anda mungkin masih bingung ya apa sih sebenarnya perbedaan antara menghapus data-data sementara dengan data aplikasi? Jadi kalau untuk data cache atau Data sementara ini merupakan data yang nantinya akan anda hapus seperti gambar ataupun file-file yang sudah disimpan untuk mempercepat proses penggunaan aplikasi.

Sehingga nggak bakalan menghapus pengaturan ataupun login yang ada di dalam sebuah aplikasi. Sementara hapus data aplikasi ini merupakan sebuah kegiatan untuk menghapus seluruh data-data yang berkaitan dengan sebuah aplikasi.

Termasuk di dalamnya data pengguna kemudian pengaturan sampai dengan login. Dengan demikian ini akan membuat komplikasinya kembali seperti pengaturan awal yaitu Pertama kali Anda mendownloadnya.

Dan ketika akan mengakses aplikasi tersebut anda perlu memasukkan informasi login kembali serta melakukan pengaturan.

Kapan Sebaiknya Menghapus Cache?

Sebenarnya menghapus data-data sementara pada aplikasi bukanlah hal yang harus anda lakukan. Namun memang akan jauh lebih baik jika anda melakukan. Adapun waktu yang tepat untuk menghapus data-data sementara ialah ketika performa perangkat mulai lambat.

Kemudian aplikasi mengalami error serta ruang penyimpanan yang hampir habis. Selain itu kami juga menyarankan anda untuk menghapus data-data sementara ini secara rutin baik itu seminggu sekali atau Sebulan sekali.

Manfaat Menghapus Cache

Dengan menghapus data-data sementara  pada perangkat maka ada beberapa manfaat yang akan diperoleh. Seperti kecepatan perangkat menjadi meningkat kemudian ruang penyimpanan lebih lega dan tentunya bisa mengatasi permasalahan-permasalahan pada aplikasi.

Oke itulah ulasan kali ini seputar Bagaimana cara hapus data sementara di Android yang wajib banget anda ketahui. Dalam hal ini anda bisa mencoba cara yang manual atau bisa juga cara yang sekaligus. Atau kalau misalnya pengen menggunakan aplikasi juga bisa banget kok.

Namun Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang mana ada di dalam Google Play Store ataupun App Store. Hal ini bertujuan supaya lebih aman terhadap perangkat serta data-data yang ada di dalam perangkat.

Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker