Tips dan Trik

Penyebab Baterai Tanam Kembung dan Tips Mencegahnya

Penyebab Baterai Tanam Kembung dan Tips Mencegahnya – Mempertahankan kualitas baterai Smartphone adalah hal penting yang harus anda lakukan. Hal ini karena jika tidak dipertahankan dengan baik akan menyebabkan baterai tersebut menggembung. Bahkan hal ini juga berlaku untuk para pengguna baterai tanam.

Pasalnya baterai tanam juga bisa mengalami kembung apabila tidak Anda jaga dengan baik. Bahkan baterai tanam mempunyai potensi untuk menggembung yang cukup besar. Berikut ini kita akan bahas beberapa penyebab baterai tanam kembung serta tips cara mencegahnya yang bisa anda lakukan.

Apa itu Baterai Tanam

Baterai sendiri merupakan salah satu komponen yang paling penting bagi sebuah perangkat, termasuk bagi sebuah smartphone. Dengan adanya baterai sebuah perangkat bisa beroperasi dan berfungsi secara maksimal.

Bahkan tanpa adanya baterai tentu perangkat nggak bakalan bisa digunakan sama sekali. Sejauh ini kita mengenal dua jenis baterai yang sangat umum. Jenis baterai yang pertama adalah baterai yang bisa dilepas pasang.

Sementara jenis yang kedua adalah baterai tanam yang notabenenya bisa dilepas tapi dengan beberapa catatan. Yang pertama adalah cuma mereka yang mempunyai keahlian atau skill khusus untuk melepaskan baterai.

Yang kedua adalah orang-orang yang mempunyai perlengkapan untuk melepaskan baterai tanam dari perangkat. Biasanya kedua hal tersebut pasti dimiliki oleh orang-orang yang notabenenya bekerja di konter handphone.

Baterai tanam bisa kita Artikan sebagai baterai yang tidak bisa dilepas pasang dengan sangat mudah oleh siapapun. Cuma dua kriteria di atas yang dapat melakukan kegiatan lepas pasang baterai tanam. 

Baterai tanam dibuat untuk menciptakan sebuah smartphone yang ringan dan desain yang menarik. Kalau kita perhatikan, hampir semua perangkat-perangkat masa kini pasti menggunakan baterai tanam. 

Ciri-ciri Baterai Tanam Kembung

Pada dasarnya ada banyak sekali ciri-ciri baterai tanam kembung yang bisa anda kenali. Karena memang ciri-cirinya bisa langsung terlihat. Bahkan untuk mengenalinya nggak perlu skill khusus.

Untuk Anda yang sudah menggunakan ponsel sejak lama pasti tahu dong Apa saja ciri-ciri baterai  yang sudah  kembung. Pasalnya ciri-ciri baterai tanam yang kembung sama saja seperti ciri-ciri baterai kembung biasanya. 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa anda kenali dengan sangat mudah. 

  •  Ponsel gampang overhead

Baterai tanam yang sudah kembung biasanya akan sangat gampang overhead atau mengalami panas berlebih. Dan Panasnya ini nggak normal ya.

  • Baterai gampang habis

Ciri-ciri berikutnya yang juga bisa anda kenali adalah baterai yang gampang habis. Baterai Ponsel yang cepat habis ini juga termasuk ketika anda baru saja melakukan pengisian daya.

  • Bagian layar terangkat
  • Bagian layar depan juga terangkat

Apabila menemukan salah satu tanda di atas, sebaiknya Anda harus melakukan penanganan yang terbaik. 

Penyebab Baterai Tanam Kembung

Ternyata ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan baterai tanam kembung loh. Mulai dari pengisian daya berlebihan kemudian kualitas baterai sampai dengan usianya.

Biar lebih jelas Ada baiknya jika anda memahami beberapa poin-poin penting berikut ini ya.

Usianya Sudah Tua

Penyebab yang pertama adalah karena usia baterai yang sudah tua. Perlu diketahui dulu bahwasanya baterai baterai perangkat mempunyai usia apakah yang berbeda-beda. Tapi biasanya baterai-baterai tersebut mempunyai usia pakai sekitar 3 tahun lebih.

Itu artinya ketika Perangkat sudah mencapai masa guna, akan menyebabkan baterai tersebut tidak berfungsi secara optimal dan dapat membuat atau menimbulkan berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan yang kerap ditimbulkan adalah baterai menjadi gembung.

Jika anda merasa tidak melakukan beberapa poin-poin terkait dengan penyebab baterai tanam kembung, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena massa guna yang sudah habis. 

Kualitas Baterai Buruk 

Penyebab yang selanjutnya adalah karena kualitas baterai yang buruk. Kualitas baterai yang buruk ini biasanya terjadi pada anda yang memang sudah pernah mengganti baterai ya.

Karena kalau untuk baterai yang masih original atau baterai bawaan dari pabrikan pasti mempunyai kualitas yang sangat bagus. Hal ini karena didesain sedemikian rupa supaya tahan lama.

Kualitas baterai yang buruk ini akan membuat baterai menjadi lebih rentan mengalami permasalahan. Dan banyak orang-orang yang mendapatkan baterai yang tidak berkualitas bagus ini ketika melakukan pembelian di konter-konter terdekat.

Dan banyak yang membeli baterai tidak mempunyai merek atau produk-produk pasaran. Salah satu tanda bahwa baterai tidak berkualitas bagus adalah harganya yang sangat terjangkau.

Harga baterai yang berkualitas bagus pasti tergolong cukup mahal yaitu ada di angka ratusan ribu. 

Pengisian Daya Berlebihan 

Melakukan pengisian daya bisa anda lakukan dengan tepat. Ya itu tidak berlebihan. Karena mengisi daya berlebihan akan menyebabkan perangkat bisa mengalami overhead.

Overhead ini yang nantinya akan menyebabkan terbentuknya gas di dalam baterai. Gas di dalam baterai ini akan memicu baterai menjadi kembung. 

Penggunaan Charger yang Tidak Pas

Penyebab yang selanjutnya adalah karena menggunakan charger yang tidak pas. Melakukan pengisian baterai tidak bisa menggunakan konsep yang penting baterai penuh dan bisa digunakan.

Karena  ada dampak yang nantinya akan anda alami.  Salah satunya adalah baterai yang mengalami kerusakan. 

Penggunaan Ponsel Berlebihan

Menggunakan perangkat dengan intensitas yang sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan-kerusakan. Baik itu pada komponen baterai ataupun komponen-komponen yang lainnya.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Kembung

Apabila perangkat anda sudah mengalami permasalahan di atas, bisa coba mengatasinya dengan beberapa permasalahan berikut ini.

  • Membawa perangkat ke counter
  • Mengganti baterai dengan yang baru

Nantinya pihak konter akan memberikan solusi yang terbaik supaya perangkat Anda bisa normal kembali.

Tips Mencegah Baterai Tanam Kembung

Nah sebelum mengalami hal tersebut ada baiknya jika anda mencegahnya terlebih dahulu. Apalagi Mengingat bahwa komponen baterai ini adalah komponen yang sangat penting ya.

Untuk cara mencegah baterai tanam kembung sendiri cukup beragam. Dan anda bisa lakukan semua cara-cara atau tips berikut ini.

  • Gunakanlah baterai yang berkualitas tinggi
  • Gunakan charger original atau charger bawaan dari pabrik
  • Jangan menggunakan perangkat ketika suhunya sudah overhead
  • Jangan menggunakan perangkat secara berlebihan
  • Lakukan pengisian daya secukupnya

Kesimpulan

Baterai tanam merupakan baterai yang tidak bisa dilepas dan dipasang dengan sangat mudah oleh siapapun. Terdapat beberapa penyebab kenapa baterai tanam bisa kembung.

Seperti kualitas baterai yang buruk kemudian perangkat mengalami overhead sampai dengan kualitas charger. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membawanya ke counter.

Biasanya pihak counter akan menyarankan anda untuk mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru yang berkualitas. Maka sebelum mengalaminya ada beberapa tips untuk menghindari baterai kembung.

Yaitu dengan melakukan pengisian daya secukupnya Kemudian tidak menggunakan perangkat secara berlebihan, sampai dengan menggunakan baterai yang kualitasnya tinggi.

Jangan lupa lakukan semua hal tersebut dengan baik dan benar untuk menjaga kualitas baterai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker